Senin, 27 Januari 2020

Perbedaan PAUD Dan TK Yang Perlu Kau Kenal Nih



Sebagian orang tak jarang salah kira mengenai Pengajaran Si Umur Dini atau PAUD. PAUD tak jarang diceritakan sebagai Playgroup atau Kelas Bermain untuk si kecil-si kecil yang berusia 2-5 tahun. Walaupun TK yakni tahapan pengajaran untuk si kecil-si kecil yang paling pas berusia minimal 4 tahun cocok dengan regulasi pemerintah. Sesungguhnya apa perbedaan PAUD dan TK yang perlu Kau kenal?



Apa Itu PAUD (Pengajaran Si Umur Dini)?

Menurut regulasi pemerintah yang tercantum dalam UU pasal 28 ayat 1 Sidiknas nomor 20/2003, PAUD atau Pengajaran Si Umur Dini yakni institusi pengajaran yang diperuntukkan untuk si kecil umur 1-8 tahun. Umur dini yakni masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil yang sepatutnya dikembangkan secara optimal. Oleh karena itu, Kau dapat memastikan memasukkan si kecil ke institusi berhubungan untuk memacu keterampilan.
Jadi, Playgroup atau KB, TK dan RA yakni macam institusi pengajaran yang masuk dalam klasifikasi PAUD ya! Perbedaan PAUD dan TK sepatutnya Kau kenal supaya tidak salah kira lagi menyebut PAUD sebagai Playgroup. Berikut pengertian institusi TK atau Taman Kanak Kanak.

Apa Itu TK (Taman Kanak Kanak)?



TK atau Taman Kanak Kanak yakni institusi pengajaran untuk si kecil umur minimal 4 tahun cocok peraturan masuk TK terkini. Umur yang disarankan ialah 5-6 tahun. TK sendiri terbagi menjadi dua klasifikasi belajar adalah TK A dan TK B. Tingkatan pengajaran TK A dan TK B masing-masing satu tahun.

Pada tahap si kecil masuk ke sekolah TK, dia akan belajar mengenai metode membaca, menulis dan berhitung. Berbeda dengan lingkup pengajaran KB atau Playgroup yang lebih non formal, tahapan pengajaran TK lebih formal. Artinya guru atau staf pendidik akan memberikan materi yang dipersiapkan untuk menjelang tahapan SD atau Sekolah Dasar. Si-si kecil akan belajar ilmu agama, bahasa, tarik suara, budi pekerti, keterampilan, olahraga dan sebagainya.

Jadi, keputusan memasukkan si kecil ke institusi PAUD bagus Playgroup atau TK tergantung dengan keperluan ya! Tapi, pastikan bahwa si kecil mempunyai niat dan mental yang bagus untuk mencontoh metode pelajaran yang ada. Sekiranya si kecil memang belum siap belajar, sebaiknya Kau tak memaksakan ego supaya si kecil masuk ke Playgroup terlalu dini.



Imbas Memasukkan Si Ke Sekolah Terlalu Dini

Memang benar bahwa bentang umur si kecil sampai 5 tahun yakni masa perkembangan keemasan si kecil yang sepatutnya dikembangkan. Namun kecil dapat saja mengalami perkembangan terbaik dan dapat menerima prestasi akademik lebih baik lagi. Kau, efek samping memasukkan si kecil ke kursi sekolah terlalu dini dapat saja terjadi seandainya kesiapan psikologis si kecil tak Kau observasi.

Kau hati dapat mengalami ketakutan, stress, tekanan batin sampai menjadi pribadi yang kurang percaya diri. Kau menjadi seperti itu pemalu untuk bergabung bersama dengan sahabat-sahabat. Tentu hal ini berakibat buruk pada psikis si kecil kedepannya. Jadi, sebaiknya Kau memastikan betul sebelum memasukkan si kecil ke institusi PAUD. Nah, perbedaan PAUD dan TK di atas dapat menambah wawasan Kau supaya tak salah ucap lagi ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar